Tuesday, November 30, 2010

Serba Serbi Perkembangan Teknologi Komunikasi

Bagaimana swakelola e-book di World Wide Web oleh penulis yang sudah memiliki nama populer dapat menciptakan peluang sehingga namanya tercantum di antara nama-nama penulis terkenal?

Pada dasarnya penulis e-book memiliki lebih banyak kentungan dan kemudahan dibandingkan dengan penulis buku fisik (buku biasa). Karena penulis e-book tidak memerlukan modal untuk membuatnya (hanya menulis langsung secara online) .
Ditambah lagi mereka para penulis e-book mendapatkan peluang untuk namanya tercantum diantara penulis terkenal. Aplikasinya adalah ketika seseorang mencari judul buku sebagai referensi, dia akan menemukan judul beserta nama penulisnya. Dengan cara itulah penulis e-book akan dikenal (walaupun penulis e-book itu belum pernah menulis buku fisik).
Selain itu penulis e-book juga bisa dikenal dengan dipanggil sebagai pembicara sesuai dengan keahliannya. Penulis e-book juga akan bertemu dengan banyak teman baru dan pelanggan baru (pembaca) karena mereka membaca dan menyukai tulisan di e-book tersebut. Sehingga penulis e-book bisa membangun namanya secara jangka panjang melalui e-book.

Akan terjadikah prediksi kematian buku tradisional pada abad ini, berarti hilangnya buku atau diganti menjadi sesuatu yang lain? Berikan penjelasanAnda dengan jelas!

Menurut saya buku tradisional (buku fisik) tetap tidak akan mati, meskipun buku online (e-book) sedang merajalela akhir-akhir ini. Memang e-book didapat dengan mudah, tapi bukan berarti buku tradisional akan mati. Padahal selain e-book, masih banyak referensi lain yang masih mungkin digunakan, contohnya media massa seperti televisi, koran, radio, dll. Buku tradisional tetap masih digunakan karena penulisnya masih membutuhkan pemasukan dari penjualan buku tradisional (penulis untuk kepentingan komersial). Selain itu masih banyak pengoleksi buku tradisional yang mengharapkan keluaran buku-buku dari penulis yang disukainya. Maka dari itu, buku tradisional tidak akan mati, tetapi sebagian besar orang akan perlahan-lahan beralih ke e-book (buku online).

Paket program radio komersial sifat formatnya homogen untuk segmentasi tertentu. Sampai sejauh mana radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio?

Pada dasarnya radio digital merupakan teknologi radio yang mengirimkan informasi menggunakan sinyal digital. Dalam pengaplikasiannya radio digital memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan radio analog. Suara yang dihasilkan jernih seperti CD.
Cakrawala baru untuk audio yang diciptakan oleh radio digital adalah dengan berbagai fasilitas seperti dapat di-pause, di-rewind, atau disimpan sementara apabila ingin mendengarkannya nanti. Sehingga orang akan beralih ke radio digital .

Dalam hal apa internet dan World Wide Web, merevolusi cara radio ditransmisikan, diproduksi dan dikenal?

Dewasa ini tumbuh perkembangan baru di dunia radio yaitu radio internet atau radio streaming (e-radio). E-radio merupakan layanan penyiaran radio yang ditransmisikan melalui internet yang dapat diakses dari belahan dunia manapun.
Revolusinya adalah dengan menggunakan spektrum sinyal yang lebih stabil, dan efesiensi daya pancar yang lebih baik sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.
Jenis radio ini ditransmisikan, diproduksi, dan dikenal dengan cara yang cukup mudah bagi pendengarnya, yaitu melalui webcast, winamp, i-tunes, ataupun windows media player. Untuk yang bisadiputar di winamp bisa langsung klik URL nya atau salin URL nya dan yambahkan URL tersebut ke dalam playlist. Menurut saya hal itu merupakan revolusi radio yang cukup hebat.
Referensi: http://wikipedia.org/wiki/Radio_Internet?wasRedirected=true

Bagaimana perekaman digital dan teknologi mengedit membuka kemungkinan kreatif untuk komentator radio di seluruh dunia?

Dengan perekaman digital dan teknologi mengedit, penyiar radio harus lebih kreatif dalam penggunaan kosa kata. Karena kata-kata yang mereka keluarkan akan direkam melalui perekaman digital radio dan dapat didengar kapan pun berulang-ulang kali. Sehingga kata-kata yang dikeluarkan oleh penyiar tidak membosankan. Dan acara-acara yang dimasukan juga tidak membosankan, sehingga akan dinilai baik oleh komentator radio.
Kreatifitas tersebut bisa dengan cara mengecut hasil siaran dan diedit dengan menambahkan unsur musik atau spelling sehingga bisa menghasilkan karya baru untuk disebarluaskan ke khalayak, karena prinsip perekaman radio digital adalah menghasilkan karya baru untuk diperdengarkan kepada orang lain.

By: Manda Riska (0771500360_AA)

No comments:

Post a Comment