Tuesday, November 30, 2010

Dampak Sosial Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jaringan Komputer: Janji dan Paradoks

World Wide Web Unleashed


1. Saat ini banyak perusahaan yang melakukan pengembangan Web diperusahaannya. Berikan 3 contoh nama pengembangan Web di perusahaan pemerintahan (mis: elearning di Universitas Budi Luhur)?

· www.prototype.tangerangkota.go.id

· www.rricirebon.info

· www.ppid.polri.go.i


2. Mengapa biasanya di bulan Desember banyak tercetus ide pengembangan Web sebagai alat untuk commerce?

Sejujurnya saya baru tahu kalau biasanya di bulan Desember perusahaan melakukan pengembangan web untuk keperluan bisnisnya. Menurut saya hal tersebut dilakukan karena bulan Desember merupakan bulan terakhir dalam kurun satu tahun. Sudah menjadi hal yang umum bahwa di akhir tahun setiap perusahaan melakukan "tutup buku". Artinya semua orang yang ada dalam perusahaan tersebut membuat laporan mengenai berbagai hal, termasuk keuangan. Selain itu juga menghitung provit yang didapat selama setahun. Namun karena kita sekarang berada di era globalisasi yang banyak menuntut kemajuan, perusahaan bisnis pun harus melakukan pengembangan web. Itu seperti menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Karena pengembangan web bisa menjadi suatu media antara perusahaan dengan khalayak (masyarakat). Saat ada pengembangan web, berarti akan ada pengaruh terhadap kualitas perbisnisan perusahaan tersebut. Sehingga kekurangan-kekurangan yang timbul di tahun sebelumnya, akan dicovert atau diperbaiki di tahun yang akan datang, dan di mulai dari bulan pertama.


3. Apa perbedaan tingkat komunikasi yang terjadi di Web, dan apa yang membedakan fungsi komunikasi dalam pelayanan di Web?

Web merupakan salah satu media massa yang berbeda dengan yang lainnya. Tingkat komunikasi yang terjadi di web adalah komunikasi publik, yaitu proses komunikasi dengan banyak orang melalui sebuah media, yang memungkinkan menghubungkan seseorang dengan banyak orang.

Web juga memiliki fungsi yang berbeda dengan media massa lain. Web memiliki fungsi yang lebih mendalam lagi dibandingkan dengan media massa lain yang hanya sebatas memberi tahu (inform), mendidik (educate), dan menghibur (entertainment). Sedangkan web memegang banyak fungsi di antaranya adalah fungsi meyakinkan, menganugerahkan status, fungsi membius, menciptakan rasa kebersamaan, fungsi integrasi dan empati, transmisi budaya, dan meningkatkan aktivitas politik.


Komputer Umur Keuntungan Menghargai Ekonom


1. Produktivitas kerja apa yang meningkat dari sisi komunikasi akibat digunakannya teknologi komunikasi khususnya di bidang teknologi informasi?

Saya memberi contoh produktivitas kerja customer service. Karena dalam melaksanakan pekerjaannya, seorang customer service jelas pekerjaan bidang komunikasi. Yang menggunakan telepon dan internet sebagai teknologi dalam menyampaikan semua informasi. Dan produktivitas di bidang inilah yang terus meningkat karena terjadi peningkatan juga sisi teknologi, informasi, dan komunikasi di era ini.

Selain itu, ada juga produktivitas pekerjaan seorang jurnalis, dalam hal ini repoter yang melaporkan kejadian di lapangan kepada masyarakat melalui media televisi. Produktivitasnya akan meningkat karena terjadi sebuah peningkatan dari sisi teknologi, yaitu satelit dan perangkatnya yang memancarkan gambar hasil laporan. Selain itu, informasi terlihat saat si reporter memberikan berita penting untuk masyarakat, dan cara ia berbicara itu merupakan wujud dari komunikasi. Hal-hal itu lah yang menjadi faktor meningkatnya sisi komunikasi sebuah pekerjaan.


2. Informasi tunggal atau teknologi komunikasi apa yang menurut anda memiliki dampak terbesar pada peningkatan produktivitas, dan mengapa?

Menurut saya, adalah informasi yang didapatkan dari media online atau internet. Karena dapat dikatakan internet adalah media tunggal yang kini dijadikan sumber informasi. Sekarang perusahaan dalam meningkatkan produktivitasnya, tidak mau pusing-pusing dalam mencari opini publik secara manual, hal itu dapat diperoleh dari media internet, karena disitu terdapat banyak tulisan pendapat mengenai sesuatu. Sehingga perusahaan akan tahu langkah apa yang harus dilakukan guna meningkatkan produktivitasnya. Itulah yang menjadi dampak terbesar dari media internet sebagai informasi tunggal.


The Delusion Komputer


1. Apakah Anda setuju bahwa musik, seni, dan kelas pendidikan jasmani harus dipotong bila diperlukan untuk dana ruang kelas komputer dan koordinator teknologi? Mengapa atau mengapa tidak?

Menurut saya, hal itu tidak perlu dilakukan karena semua bidang sudah memiliki porsinya masing-masing. Musik, seni, dan pendidikan jasmani adalah hal yang tidak kalah penting dibandingkan dengan teknologi dan perangkatnya. Tidak semua orang bisa beradaptasi dengan teknologi terlebih bagi mereka yang tinggal di pedalaman (gagap teknologi), mereka justru lebih mudah beradaptasi dengan musik ataupun olahraga, walalupun yang sifatnya simple. Memang mereka seharusnya dikenalkan dengan teknologi atau pengkomputerisasiannya, namun tidak dengan pemotongan kelas musik, seni, dan jasmani. Solusi yang bisa dilakukan adalah sosialisasi informal mengenai teknologi secara perlahan.


2. Menurut pendapat Anda, mengapa para politisi dan administrator sekolah menaruh kepercayaan yang besar terhadap teknologi komputer?

Karena dalam mengerjakan berbagai hal mereka membutuhkan sesuatu yang bisa mempermudah pekerjaan mereka. Dan teknologi komputer merupakan cara yang tepat. Ditambah sekarang ini kita berada di era globalisasi, yang apapun aspek pekerjaan harus diolah dengan komputerisasi. Selain itu proses dan hasil kerja yang menggunakan teknolgi komputer dinilai lebih valid.


3. Menurut para ahli perkembangan anak, apa perbedaan belajar dengan menulis di kelas dibandingkan dengan belajar komputer, terutama untuk anak-anak muda?

Perbedaan antara belajar di kelas dengan belajar komputer hanya terlihat pada pehamaman konsep saja. Di kelas (menulis), biasanya anak-anak muda hanya menguasai pemahaman teori. Sedangkan jika belajar di komputer, anak-anak muda biasanya akan langsung dapat memahami praktek dari teori yang sebelumnya pernah dipelajari.

Namun jika dilihat dari segi fisik, belajar dengan menulis di kelas masih menggunakan media tradisional (mutlaknya harus ada kertas dan pensil atau pulpen). Sedangkan belajar di komputer akan terlihat lebih praktis karena hanya menggunakan layar monitor dan keyboard yang berada dalam satu perangkat. Selain itu file nya dapat disimpan tanpa khawatir akan hilang. Ditambah lagi komputer dapat dikoneksikan ke internet, sehingga mempermudah mencari inormasi.


Tampilan dystopian Teknologi Informasi

Eksplorasi lebih lanjut ke dalam Budaya Computing


1. Setujukah anda dengan Stoll dengan paham kepercayaan teknokratis bahwa komputer dan jaringan informasi akan membuat masyarakat yang lebih baik? Mengapa?

Teknokratis pada dasanya berarti pengelolaan organisasi dan manajemen sumber daya pada negara industri. Saya setuju dengan pendapat Stoll. Karena manusia bekerja untuk mengolah sebuah organisasi atau manajemen (dalam menghasilkan uang). Dan dalam memenej semua hal itu, komputer dan jaringan informasi memang sangat dibutuhkan, bahkan menjadi hal yang paling mendasar. Dengan komputer dan jaringan informasi, segala pekerjaan akan mudah dan terlihat modern. Selain itu bisa memperluas link untuk menciptakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.


2. Apakah komputer hanya alat untuk berpikir, atau mereka mengubah proses kita berpikir agar sesuai dengan tuntutan mereka sendiri yang aneh? Jelaskan

Menurut saya, komputer hanya alat untuk berpikir. Karena memang komputer adalah alat untuk mengolah data. Komputer hanya berupa mesin yang dapat menghitung dan memproses data aritmatika sekalipun. Namun komputer tidak selamanya dapat mengubah proses berpikir seseorang. Karena dalam bertindak biasanya seseorang membutuhkan proses pemikiran terlebih dahulu tanpa banyak menutut berbagai macam hal. Jadi, komputer hanya alat untuk berpikir, tidak mengubah proses kita berpikir agar sesuai dengan tuntutan mereka sendiri yang aneh.


3. Stoll berpendapat bahwa jaringan komputer mengisolasi kita satu sama lain, bukannya menyatukan kita bersama. Apakah Anda setuju? Mengapa atau mengapa tidak?

Tidak setuju, karena justu dengan adanya jaringan komputer seseorang dapat menciptakan jaringan-jaringan sosial yang dapat menguntungkan baginya. Seseorang akan bisa membangun bisnis dengan jaringan yang diciptakannya (sebelumnya tidak kenal sekarang menjadi kenal bahkan akrab ). Selain itu seseorang juga dapat berkomunikasi dengan orang terdekat seperti keluarga, teman, sahabat, pacar, dll yang berjauhan.

Namun hal tersebut harus tetap dibarengi dengan sosialisasi langsung kepada lingkungan sekitar.


Peneliti Temukan Kesedihan dan Kesepian Dunia di Cyberspace


1. Mengapa peneliti berkesimpulan bahwa hubungan dipertahankan jarak jauh melalui internet mengikis keamanan pribadi dan kebahagiaan? Jelaskan menurut asumsi anda!

Karena menjalin hubungan melalui internet sifatnya sangat riskan. Artinya kita tidak dapat melihat langsung apa yang terjadi. Dan itu otomatis akan mengurangi privasi dan kebahagiaan apalagi hubungan melalui internet ini menjadi hal yang rutin (terus menerus).

2. Jika pengguna internet sangat keranjingan (tidak mau lepas dari internet) sehingga terjadi penurunan keterlibatan sosial tingkat normal dan kesejahteraan, apa yang harus dilakukan dalam hal psikologis?

Yang harus dilakukan adalah sosialisasi kepada orang tersebut mengenai bahaya penggunaan internet. Karena tidak selamanya internet mengajarkan hal positif. Selain itu lingkungan orang tersebut (contohnya keluarga) harus bisa memberikan kesibukan baru baginya yang bisa menggantikan peran internet.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment